SUGENG RAWUH TENG BLOG "TJAH NDUESO COMMUNITY"

MISTERI GOA GUNUNG WANGI

Kunjungi juga Blog kami sebelumnya :
       Makanan Khas Pemalang
       - Wisata Pantai Blendung
         - Curug Sibedil - Moga
Kabupaten Pemalang mempunyai beberapa goa yang perlu kita kunjungi. Goa tersebut berada dikawasan Gunung Wangi yang terletak didesa Glandang kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang +-26 KM arah Barat Daya kota Pemalang. 


Karena tak begitu hafal jalan menuju Gunung Wangi, kami menanyakan kepada bapak tukang becak  di pasar Bantarbolang. Belum dijawab jalan menuju kesana kami malah ditanya balik "Mau mencari apa kesana?, kata Bapak tukang becak tersebut. Kami jawab aja "Kami kesana pengin lihat saja pak". Alhamdulillah bapak tersebut sangat detail sekali memberikan informasi akses yang harus kami tempuh.

Setelah menempuh perjalanan +- 30 menit tibalah kami di jalan menuju gunung wangi yaitu didesa Kuta - kecamatan Bantarbolang. Di desa tersebut ada seorang juru kunci Goa Gunung Wangi, tapi karena kami hanya ingin lihat saja kami putuskan untuk langsung menuju TKP. hee...  Jalan sudah mulai becek dan terjal sekali sehingga kami memutuskan untuk meniitpkan kendaraan kami di rumah terakhir yang kami temui di desa Kuta.


Ketika kami tanyakan kepada warga sekitar "Berapa jauh menuju ke goa gunung wangi?". jawaban yang hampir sama kami dapatkan yaitu "mau mencari apa ke Goa Gunung wangi?". Rada risih juga kami harus menjawabnya, disangkanya kami kesana mau mencari,... Maaf "Pesugihan". hii... Merinding juga kami membayangkan.

Acara kami lanjutkan dengan hiking mania, beruntung sekali kami bertemu dengan seorang bapak yang mau mencari ramban (pakan ternak), akhirnya dengan senang hati bapak yang kami kenal dengan nama "Bapak Kariyadin" mau mengantarkan kami ke Goa Gunung Wangi.


 





Gugusan Goa Gunung Wangi terdiri dari lima buah goa yaitu :
1. Goa Penganten
2. Goa Buyung
3. Goa Laren
4. Goa Bandung, dan
5. Goa Siluman

Goa Buyung adalah yang terbesar dan terpanjang. Konon ujung lorongnya menembus hingga perbatasan Jawa Barat. Dibawah lorong-lorong goa tersebut terdapat panorama bawah tanah berupa batuan Stalagtit yang dikeremangan goa tampak begitu kharismatik dan menciptakan kesan mistis.

1. GOA PENGANTEN.

Menurut sumber yang kami tanya Goa penganten didalamnya sungguh sangat luas, bahkan jika semua orang desa masuk kedalam itu masih muat dan masih lega sekali. Ketika memasuki wilayah Goa Penganten aroma kotoran kelelawar sangat kuat. Kami hanya masuk tidak begitu dalam karena tidak membawa alat penerangan dan juga katanya didalamnya disinyalir ada ular yang sangat besar. Akhirnya kami putuskan untuk melanjutkan ke Goa Selanjutnya.





2. GOA SILUMAN

Goa Siluman hanya berjarak kira-kira 20 meter dari Goa Penganten, suasana mencekam dan mistis langsung terasa ketika memasuki wilayah Goa Siluman. Yang kami rasakan yaitu ketika sebelumnya cuaca sangat panas dan berkeringat tetapi ketika memasuki wilayah Goa Siluman langsung terasa dingin. Apalagi disekitar lokasi tumbuh pepohonan yang sangat besar yang menambah kesan mistisnya.






Menurut sumber yang kami tanya, Goa Siluman ini biasanya digunakan untuk ngalap berkah (Maaf Maksudnya mencari "Pesugihan").  Kesan mistis semakin bertambah ketika di mulut goa tesebut ada sisa pembakaran dupa. hiii... takuuut.  Akhirnya tanpa berlama-lama kami menuju ke Goa Berikutnya.

3. GOA GUNUNG WANGI











4. GOA BUYUNG

Goa Buyung adalah yang terbesar dan terpanjang. Konon ujung lorongnya menembus hingga perbatasan Jawa Barat. Dibawah lorong-lorong Goa tersebut terdapat panorama bawah tanah berupa batuan Stalagtit yang dikeremangan lorong goa tampak begitu kharismatis dan menciptakan kesan mistis.





Karena faktor waktu yang sudah cukup sore kami tak sempat mengunjungi Goa Laren dan Goa Bandung. Disamping itu juga akses menuju kesana sudah sangat runggut (Banyak ilalang yang menutupi jalan). Akhirnya kami putuskan untuk pulang. Dan ketika perjalanan pulang kami menemukan sungai yang sangat lebar dan jernih didesa Glandang yang menarik kami untuk mandi dan membersihkan kendaraan kami yang dipenuhi lumpur semua.





Semoga bermanfaat dan bisa memberikan pengetahuan baru buat kita semua. Mohon maaf jika ada salah kata dan salah informasi yang kami berikan. Mohon kritik dan saran demi berkambangnya blog kami.

Jangan lupa tinggalkan komentarnya sobat, kami akan segera mengunjungi anda secepatnya. he.. Matur Suwun alias Terima Kasih.


SALAM NDUESO
SALAM NDUESO
SALAM NDUESO
SALAM NDUESO

1 komentar:

  Mitta

19 Februari 2016 09.42

Saya orang asli bantarbolang dr lahir smp umur 18th sy tinggal disana (sy masih punya rmh dan saudara2 dsna)tp kebetulan masa kecil saya tdk pernah main dg tmn2 dan tdk pernah kemana2 (anak rumahan)jd saya tdk begitu tau ttg daerahku dan objek wisata d sekitar saya, dr postingan ini saya berterima kasih krn sy jadi tau ttg daerahku.