SUGENG RAWUH TENG BLOG "TJAH NDUESO COMMUNITY"

Makanan Khas Pemalang

Mungkin banyak dari teman-teman semua belum mengenal kota pemalang. Pemalang adalah kota kecil yang berada di wilayah Jawa Tengah. Terletak sebelah timur kota Tegal dan sebelah barat kota pekalongan. Seperti dengan kota-kota lain, Kota Pemalang juga mempunyai makanan khas yang wajib dicoba jika teman-teman kebetulan melewati di kota pemalang untuk mencoba wisata kulinernya. 
Berikut adalah makanan khas kota Pemalang :


1. GROMBYANG

Makanan khas Pemalang ini banyak terdapat di sepanjang Jalan RE. Martadinata dan seputar alun-alun kota Pemalang. Ramuan Grombyang terdiri dari nasi irisan daging kerbau dan kuah. Disajikan dalam mangkuk kecil dilengkapi sate kerbau. Nama Grombyang sendiri berasal dari bentuk penyajian makanan ini, antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan grombyang-grombyang (goyang-goyang).

Ciri khas warung Grombyang terletak pada tempat jualannya berupa kulai besar, tempat nasi ditutupi dengan kain merah dan penerangan remang-remang (ssttt... tapi jangan berpikir ini warung remang-remang yang menyediakan wanita penghibur ya. hii). Remang-remang disini penerangannya hanya memakai lampu teplok (sentir). Ciri lainnya yaitu pembeli menikmati hidangan dengan duduk di dingklik (kursi kecil pendek).  he.... Romantis banget kan.

2. LONTONG DEKEM


Satu lagi kekayaan kuliner Pemalang. Meskipun dari bahannya tidak beda jauh dengan opor plus sambal goreng yang dengan mudah bisa ditemui di berbagai daerah, bedanya adalah makanan ini memakai daging bebek dan dengan cara penyajian  dari penjualnya yang unik, yaitu mangkok yang sudah berisi  potongan lontong berulang kali disiram dengan kuah kemudian ditumpahkan lagi, disiram ditumpahkan selama beberapa kali. mungkin inilah asal mula kata dekem (rendam)  ada baiknya Anda mencicipi lontong dekem yang banyak dijual di warung pada sore hingga malam.
Anda juga bisa memilih lauk sebagai teman untuk menyantap sepiring lontong dekem. Bisa ayam, tahu, atau keduanya. Bila ingin lengkap, kerupuk menjadi pilihan yang baik untuk menggenapi kelezatan lontong dekem. Mantapss.... nyam...nyam...

3. SATE LOSO

Bagi penikmat makanan sate sate kambing, sate ayam, sate bebek, sate kelinci, ataupun sate sapi, mungkin sudah hal yang biasa. Namun di pemalang, jawa tengah ada menu hidangan sate yang diberi nama sate loso. Di samping rasanya yang bermacam-macam ada manis, gurih, pedas, asam, dan daging terasa wangi, sate loso yang bahan dasarnya dari daging kerbau diyakini rendah kolesterol sehingga dampaknya aman bagi penyakit darah tinggi dan jantung. Konon disebut sate loso karena pencetusnya bernama mbah loso asal pemalang.
Selain bahan dagingnya yang menjadi ciri sate ini adalah sate ini akan dibacem terlebih dahulu sebelum dibakar. kemudian sambal kacang yang disajikan pun berbeda, tidak seperti sambal kacang pada sate ayam, pada sate loso sambalnya terasa jauh lebih lembut. bagi yang ingin mencoba sate loso bisa mencarinya di jl.Urip Sumoharjo,samping rel kereta api. harganya berkisar Rp.1500 per tusuk.

4. KAMIR BUTO DAN KAMIR ARAB

Kamir Buto dan Kamir Arab adalah jenis kue yang mirip kue Dorayaki (makanan doraemon, hii..). Yang membedakan kamir buto dan kamir arab hanya dari besarnya saja. Dua-duanya sama yaitu kueh kamir yang diproduksi di wilayah kampung arab kabupaten Pemalang (Mulyoharjo), untuk kamir buto mempunyai ukuran yang super besar sedangkan kamir arab mempunyai ukuran standart. Kue ini terbuat dari adonan terigu, mentega, pisang ambon, tape dan telur. Kue kamir ada dua jenis, yaitu kamir beras dan kamir terigu. Dipasaran kota Pemalang lebih banyak kamir terigu karena yang tahan lama sedangkan kamir beras hanya berdasarkan pesanan. Untuk mendapatkannya cukup mudah tinggal cari aja ditoko roti ataupun dipasar-pasar tradisional. Harganyapun relatif sangat murah dengan rasa yang sangat luar biasa. Maknyuss.... kalau kata pak bondan. he..

5. OGEL-OGEL

Ogel-ogel sangat cocok untuk sebagai oleh-oleh jika teman-teman mampir ataupun sekedar singgah di kota pemalang. Ogel Ogel adalah jenis penganan kecil gurih dan renyah terbuat dari bahan baku tepung beras ketan. 

Makanan ini diolah secara tradisional dengan proses digoreng menggunakan minyak goreng yang biasa untuk konsumsi di dapur. Bahan tepung beras ketan diramu dengan bumbu yang terdiri dari gula, garam, keju hingga menjadi adonan kenyal yang siap diproses lanjut dengan piranti pencetak.

Pengolahan Ogel Ogel dengan bahan baku dan bumbu pendukung sama sekali tidak menggunakan zat pewarna maupun bahan pengawet. Sebagai makanan siap saji dalam kemasan mampu bertahan hingga 3 bulan.

Di kota Pemalang makanan ini mudah didapatkan di toko roti, pusat perbelanjaan dan rumah makan dengan harga terjangkau.

Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan baru buat kita semua. Ternyata sangat kaya dan beragam kuliner di Indonesia.

SALAM TJAH NDUESO 

0 komentar: