SUGENG RAWUH TENG BLOG "TJAH NDUESO COMMUNITY"

Makalah Sistem Informasi Hotel Horison Bandung

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kepariwisataan makin lama makin kompleks dan kompetitif yang di dalamnya terdapat system informasi yang saling berhubungan sehingga memerlukan penanganan yang professional dan mereka yang terkait didalamnya.
Untuk itu kami melakukan observasi yang berkaitan dengan system informasi yang ada dia Hotel Horison Bandung. Dengan maksud memberi informasi kepada orang lain mengenai Hotel Horison Bandung.
B. Teknik Pengumpulan Data
Adapun teknik pengumpulan data yang kami pergunakan adalah sebagai berikut :
1. Observasi
Yaitu pengumpulan secara langsung mengamati di lapangan langsung, dengan cara pura-pura menjadi pengunjung Hotel.
2. Wawancara
Yaitu teknik pengumpulan data yang menanyakan langsung kepada orang-orang yang terkait, yaitu bagian receptionis, marketing, dan akunting (keuangan).
3. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Observasi
Lokasi Hotel Horison Bandung berada di Jl. Pelajar Pejuang 45 No. 121, Buah Batu, Bandung 40264, Indonesia. Lokasi strategis dan mudah di jangkau dan sekitarnya terdapat pusat perbelanjaan, mall, bank dan fasilitas yang lain. Waktu pelaksanaan pada hari jum’at tanggal 15 januari 2010 pukul 08.30 sampai dengan 11.00 wib dan pada hari senin tanggal 17 januari 2010 pukul 14.00 sampai dengan 16.00 wib.
BAB I
SEJARAH
A. Definisi (Pengertian Hotel)
Yang di maksud dengan Hotel adalah suatu bentuk bangunan, lambing, perusahaan atau badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta fasilitas jasa lainnya dimana semua pelayanan itu diperuntukan bagi masyarakat umum, baik mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu.
Hotel juga bisa diartikan bangunan yang dikelola dengan memberikan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum dengan fasilitas sebagai berikut :
- Jasa penginapan
- Pelayanan makanan dan minuman
- Pelayanan barang bawaan
- Pencucian pakaian
B. Sejarah Hotel Horison Bandung
Pada mulanya hotel bintang satu ini milik seorang pengusaha swasta yang bertempat tinggal di bandung yaitu Tuan Dharma Efendi dan Nyonya Amalia namun berdasarkan akta jual beli perusahaan No. 11 tanggal 05 februari 1988 di hadapan notaris Albertus Budiharjo Putra.SH dan akta jual beli no. 32 tanggal dan notaris yang sama. Seluruh aktifa yang meliputi tanah, bangunan yang ada di atas tanah serta perizinan yang menyangkut usaha perhotelan bandung ini terjadi pelepasan hak milik dari pemilik Tuan Effendi dan Nyonya Amalia kepada PT. Metropolitan Horison Development.
Sejak pengopeprasiannya daimbil oleh PT. Metropolitan Horison Development, Hotel berbintang satu Bandung Inn menunjukan suatu perkembangan yang cukup menggembirakan.
Melihat adanya peluang pasar yang masih bisa di raih, Kemudian PT. Metropolitan Horison Development memperluas usahanya dengan mendirikan Hotel berbintang tiga yang lokasinya bersebelahan dengan hotel Bandung Inn.
Berdasarkan akte jual beli No.61,62,63 dan 64 tertanggal 21 April 1989 sebuah taman rekreasi Pasundan Plaza yang berlokasi di Jl. Maskumambang No. 06 bersebelahan dengan Hotel Bandung Inn, dilepas hak kepemilikannya oleh Bapak Dharma Effendi kepada PT. Metropolitan Development untuk tujuan pendirian Hotel Horison berbintang tiga dengan jumlah kamar 253 kamar.
Pada tahun 1990 tepatnya tanggal 02 April 1990 Bapak Ateng Wahyudi selaku walikota bandung pada saat itu meresmikan pembangunan dengan meletakan batu pertama sebagai awal pembangunan.
Sejak saat itu pembangunan hotel dilakukan secara bertahap dipercayakan kepada PT. Dimensi Engineering Contractor yang merupakan anak perusahaan PT. Metropolitan Development Group. Dengan dikeluarkannya SK. No 517/SI/6407 oleh mentri kehakiman RI tanggal 21 januari 1992 maka Hotel Horison resmi beroperasi.
Hotel Horison Bandung ini berdiri diatas tanah seluas 3 (tiga) hektar yang terdiri dari 9 (Sembilan) lantai dan cottage 44, jumlah kamar 209 kamar, maka jumlah kamar keseluruhan 253 kamar. Hotel Horison Bandung juga mempunyai meeting room dan convention hall berukuran besar yang mampu menampung 750 hingga 2500 orang, restaurant, fitness center dan juga memiliki kolam renang yang terdiri dari baby pool, kolam ombak, dan kolam prestasi berukuran standart internasional Olympic.
Setelah diadakan penelitian klasifikasi bintang oleh pihak KAKANWIL PARIWISATA maka HOTEL HORISON BANDUNG oleh Bapak Joop Ave selaku dirjen Pariwisata melalui kakanwil pariwisata, berkenan memberikan piagam bintang 4 (empat) kepada Hotel Horison Bandung pada tanggal 02 maret 1992.
C. Job Description
- Mengatur dan menjaga kendaraan yang ada di area parkir. ( Petugas Parkir )
- Membersihkan sarana dan prasarana di hotel ( Petugas Kebersihan/OB )
- Menjaga keamanan hotel (Petugas Security)
- Memberikan informasi yang dibutuhkan pengunjung/tamu (Petugas Receptionis dan bagian informasi)
- Mencatat dan mengisi data diri semua pengunjung atau tamu hotel (Petugas Receptionis)
- Menacatat pembukuan hotel, pembayaran gaji karyawan (Akunting)
- Mengurus operasional dan hubungan eksternal (Bagian Humas)
- Pemasaran dan kerja sama dengan pihak luar (Bagian Marketing)
- Mengurus pengangkatan karyawan baru dan bagian kantor (Bagian HRD)
- Pelayanan untuk semua fasilitas hotel (seluruh karyawan)

BAB II
HASIL OBSERVASI HOTEL HORISON BANDUNG
A. ALAMAT DAN INFORMASI
Hotel HORISON BANDUNG terletak dijalan pelajar pejuang no. 121 Buah Batu, Bandung, Indonesia. Telepon +62.22. 730.5000, faximile +62.22.731.0993, marketing +62.22.730.0981, E-mail : reservation@horisonbandung.com, website : www.horisonbandung.com
B. SISTEM INFORMASI HOTEL HORISON BANDUNG:
1. SISTEM PERPARKIRAN
Sistem perparkiran di Hotel Horison Bandung sudah menggunakan system komputerisasi. Sistem parkirnya dikelola oleh LINE PARKING. ketika masuk harus mengambil karcis parkir yang tercatat Nopol Kendaraan, hari, dan jam masuk ketika perkir.
Tarif parkir :
1. Mobil : Rp. 2.000,00
1 jam berikutnya : Rp. 1.000,00
2. Motor : Rp. 1.000,00
1 jam berikutnya : Rp. 500,00
3. Bus / truk : Rp. 4.000,00
1 jam berikutnya : Rp. 2.000,00
2. SISTEM PENGIRIMAN BAHAN BAKU MAKANAN
Setiap pagi dikirim sayuran dan bahan baku makanan yang di terima oleh bagian dapur di hotel Horison Bandung , yang kemudian ditimbang dan di hitung berapa total keseluruhan sayuran, bahan makanan yang di kirim hari itu.
3. SISTEM KERJA KARYAWAN
Jumlah karyawan di Hotel Horisn Bandung ada 316 orang. Seluruh karyawan bekerja sesuai shiftnya masing-masing.
Jam Operasional Karyawan (jadwal shift karyawan) :
1. Shift I Dari jam 07.00 – 15.00 wib
2. Shift II Dari jam 15.00 – 23.00 wib
3. Shift III Dari jam 23.00 – 07.00 wib
4. SISTEM PEMESANAN KAMAR
Untuk pemesanan kamar bisa datang langsung kebagian Reseptionis, di reseptionis juga sudah menggunakan komputerisasi. Tugas reseptionis itu sendiri melayani tamu yang cek-in maupun yang cek-out, juga sebagai pusat informasi walaupun sebenarnya di depan lobi itu sendiri ada stand khusus informasi. Tapi untuk pemesanan banyak bisa langsung ke bagian marketingnya, ada diskon tertentu untuk pemesanan besar. Dan ini no telepon bagian marketing yang bisa dihubungi : Ibu Dwi Retno bagian Sales Executive (0818 0633 0308),atau Emailnya : dwi@horisonbandung.com, ym : dwiretno80@yahoo.co.id
Untuk Chek-in jam 13.00 dan Chek-out jam 12.00. Tapi untuk tamu dari luar kota maupun luar negeri yang datang lebih pagi untuk Chek-in nya, boleh langsung Chek-in jika keadaan kamar sudah siap atau boleh menggunakan fasilitas yang ada di hotel dulu.
Jenis-jenis kamar di Hotel Horison Bandung :
Hotel Horison Bandung Mempunyai 209 kamar yang terdapat dilantai 2 sampai lantai 9. Terdiri dari 28 standard (Deluxe Room), 141 Super Deluxe Room, 39 Executive Suite., dan 1 presidential Suite.
Jenis-jenis kamar dan tarif di Hotel Horison Bandung :
1. Deluxe Rp. 960.000,-
2. Super Deluxe Rp. 1.050.000,-
3. Executive Suite Rp. 1.615.000,-
4. President Suite Rp. 9.350.000,-
5. ROOM RATES INCLUSIVE OF :
- Sarapan pagi 2 kali per orang
- Untuk anak di bawah 5 tahun gratis
- Umur 5-12 tahun di kenakan biaya tambahan Rp. 50.000,-
- Pembayaran bisa menggunakan kartu kredit : Amex, BCA, Visa, Master, Diners
- Chek-in jam 13.00 dan chek-out jam 12.00
- Tarif kamar sudah termasuk pajak.
6. FASILITAS DIKAMAR :
- Untuk Executife Suite & Presidential Suite pintu kamar menggunakan kartu gesek.
- Untuk Deluxe & Super Deluxe masih menggunakan kunci biasa.
- Air Conditioning (AC)
- Telepon kabel
- Minibar
- Tea coffee maker
- Kotak obat
- TV satelit
- Free Wi-Fi internet accses
- Sprinklers room (Pemadam api)
- 220V AC
7. SERVICE
- Antar ataupun jemput ke Bandara Husein Sastranegara / Stasiun bandung.
- Vallet Parking
- Drug Store
- Business Centre (pusat bisnis dilengkapi pelayanan secretariat, faximile, telepon dan layanan foto copy)
- Rumah klinik
- 24 jam pelayanan kamar
- Laundry
- Teniis court
- Children playground
- Outbound facilities for adult & children
8. FASILITAS PENUNJANG
Recreation
- Fitness Center (Pusat Kebugaran Jasmani)
- Sauna (Mandi Uap)
- Whirpoo (Air panas dan air dingin)
- Lapangan Tenis
- Shintsu Phisiotherapy.
- Olimpic size swimming pool (kolam renang prestasi)
- Baby pool (kolam renang anak-anak)
- Wave pool (kolam ombak)
- Teniis court
- Children playground
- Outbound facilities for adult & children
- Futball
9. BAR & RESTAURANT :
- Malabar Coffee Shop (International Restaurant)
Adalah restaurant yang menyajikan makanan ala Westren dan Asian Causine (Eropa dan Asia) buka 24 jam dengan kapasitas tempat duduk 115 kursi.
- Okoh Japanese Resaurant
Restaurant ini menyajikan jenis makanan jepang untuk pelayanan Lunch dan dinner, berkapasitas 120 kursi termasuk 5 ruangan pribadi tanpa kursi.
- Putri Lounge
Menyediakan jenis minuman alcoholic dan non-alkoholic serta minuman ringan. Buka setiap hari dengan jumlah kamar 13 buah bagi tamu yang ingin berkaraoke.
- Putri Cake Shop
Menyediakan dan menyajikan makanan ringan, minuman alcoholic dan non-alkoholic, masakan internasional serta makanan ringan yang disertai dengan hiburan Audio Visual dengan kapasitas 200 kursi.
10. Hotel Horison Bandung Mempunyai 26 Ruang meeting :
NO
ROOM
CAPACITY
STANDING
BANQUET
THEATRE
1
Krakatau Hall
2000
60 TBL
1200
2
Krakatau I
250
11 TBL
300
3
Krakatau II/III
400
15 TBL
350
4
Parahyangan Hall
850
25 TBL
700
5
Parahyangan I
50
3 TBL
40
6
Parahyangan II
50
2 TBL
20
7
Parahyangan III
75
4 TBL
50
8
Parahyangan IV
50
2 TBL
20
9
Parahyangan V
100
5 TBL
50
10
Bidadari
500
25 TBL
500
11
Bidadari I
100
5 TBL
75
12
Bidadari II
100
5 TBL
75
13
Bidadari III
100
8 TBL
25
14
Bidadari IV
100
8 TBL
100
15
Sanggabuana
500
12 TBL
300
16
Linggarjati
175
10 TBL
175
17
Haruman
175
3 TBL
40
18
Halimun
40
4 TBL
40
19
Galunggung
40
4 TBL
60
20
Pangrango
60
4 TBL
60
21
Tangkuban Parahu
40
3 TBL
40
22
Papandayan
30
3 TBL
30
23
Ciremai
20
1 TBL
20
24
Burangrang
60
5 TBL
100
25
Manglayang
100
7 TBL
100
26
Salak Room
15
1 TBL
15
D. SISTEM MANAJEMEN KEUANGAN
Hotel mempunyai bagian keuangan (Akunting ) yang mempunyai tugas : penggajian karyawan, laporan akuntansi perusahaan, akuntansi biaya, perpajakan dan koperasi.
Hasil yang kami dapat di bagian Akunting Hotel Horison Bandung :
HARTA TETAP (INVENTORY) :
1. Kitchen Fuel Rp. 3.159.478,-
2. Cleaning Supplies Rp. 33.250.696,-
3. Guest Supplies Rp. 49.315.013,-
4. Paper Supplies Rp. 49.119.903,-
5. Printed Form Rp. 38.907.139,-
6. Printing Stasionary Rp. 147.715.344,-
7. Electricc Bulb Rp. 25.506.377,-
8. Medical Supplies Rp. 27.373.484,-
9. Flower & Decoration Rp. 600.000,-
10. Perlengkapan Kamar Tamu (Rp. 600.000,-)
11. Misscellaneous Rp. 4.460.685,-
SUB TOTAL Rp. 378.808.121,-
INVENTORY FOOD & BEVERAGE :
1. Food Rp. 404.758-503,-
2. Beverage Rp. 50.412.163,-
SUB TOTAL Rp. 455.170.666,-
BOTTLE & OTHER CONTAINER :
1. Bottle & other record Rp. 153.733.667,-
2. Merchandise in transit Rp. (54.815.447),-
SUB TOTAL Rp. 98.918.220,-
GRAND TOTAL INVENTORY Rp. 932.897.008,-
AKTIVA TETAP HOTEL HORISON BANDUNG :
1. Kendaraan (car) Rp. 1.247.125.566,-
2. Kithen Utensil Rp. 122.712.808,-
3. Mechanical & Electrical Rp. 627.619.413,-
4. Office Equipment Rp. 220.431.921,-
5. Furniture & Fixture Rp. 62.654.052,-
6. Operation Equipment Rp. 1.627.348.942.-
7. Gamelan Rp. 5.547.922,-
8. Water Heater Rp. 825.000,-
9. Pemadam Kebakaran Rp. 385.937.-
10. Inventaris Hotel Rp. 798.614.288,-
11. Instalasi & Peralatan Rp. 60.114.347,-
12. Other Rp. 80.979.816,-
SUB TOTAL Rp. 4,854,360,012.-
INCOME HOTEL HORISON PER TAHUN 2009:
1. Januari Rp. 3.715.708.838,-
2. Februari Rp. 2.299.545.073,-
3. Maret Rp. 4.104.541.458,-
4. April Rp. 3.175.240.218,-
5. Mei Rp. 3.879.149.962,-
6. Juni Rp. 4.295.660.865,-
7. Juli Rp. 4.271.943.699,-
8. Agustus Rp. 3.890.975.016,-
9. September Rp. 2.577.776.907,-
10. Oktober Rp. 4.872.318.439,-
11. November Rp. 5.422.110.306,-
12. Desember Rp. 5.621.494.302,-
TOTAL Rp.48.726.465.083,-
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
Dari hasil observasi yang kami lakukan, menyimpulkan bahwa Hotel Horison Bandung adalah sebuah Hotel berbintang 4 yang sudah bertaraf internasional dan mempunyai pelayanan yang sangat baik. Sebagai contoh seoarang Security atau satpam di Hotel Horison Bandung sangat ramah-ramah, mungkin dikarenakan sebagai perusahaan jasa pelayanan seorang security juga harus sebagai marketer. Hotel Horison Bandung juga ditunjang fasilitas yang komplit. Dengan tempat yang sangat srtategis dan mambangkitkan gairah perekonomian disekitarnya. Terbukti disekitar Hotel Horison sudah banyak di bangun mall-mall, pertokoan, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya.
Kemudian untuk kebersihan di Hotel Horison Bandung sangat bersih dan nyaman untuk para pengunjung, walaupun bukan termasuk didataran tinggi tapi di halaman Hotel Horison Bandung yang banyak di tanami pepohonan yang rindang sehingga seperti di kawasan puncak atau pegunungan.
B. SARAN
Hotel Horison Bandung adalah hotel yang sudah bertaraf internasional dengan tarif yang lumayan membuat orang biasa akan tercengang. Sebagai contoh untuk kelas Presidential Suite yang tarif per malamnya mencapai Rp. 9.350.000,00. Angka yang sangat fantastic bagi sebagian rakyat Indonesia. Jadi hanya orang-orang tertentu yang bisa menginap di Hotel Horison Bandung. Mungkin saran dari kami adalah nominal itu terlalu mahal untuk pangsa pasar di Bandung.
Untuk bagian Receptionis saya rasa masih kurang ramah dalam menangani calon pengunjung atau tamu, terbukti ketika kami berpura-pura mau pesan kamar dalam jumlah besar dan akan mengadakan meeting. Beliau malah kebingungan menjawab ketika di tanya, kami harus bertemu dengan siapa ?. Beliau malah menyarankan untuk bertemu bagian HRD. Dalam hati kami kenapa harus bertemu dengan HRD bukannya dengan bagian marketing. Terus kami mencoba untuk meminta brosur untuk publish rate nya, malah menjawab tidak ada atau sudah habis, seharusnya dia mengusahakan untuk mencarikan brosur di bagian marketing atau di bagian mana yang masih punya brosur. Ini seharusnya tidak perlu terjadi karena kesan pertama itu sangat berpengaruh seseorang untuk mengambil keputusan. Mungkin kalau kejadian seperti ini sering terjadi dalam suatu hotel maka calon pengunjung atau tamu tidak jadi menginap di hotel tersebut.
Demikianlah saran dari kami, saran yang kami tulis merupakan hasil dari observasi yang kami lakukan di Hotel Horison Bandung. Mohon maaf apabila ada kekurangan mengenai data yang ada didalam observasi kami. Dan akhir kata kami ucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada semua pihak yang sudah membantu dalam mendapatkan data dan menyempatkan waktunya untuk wawancara.

0 komentar: